Motivation Letter

Halo !


Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam kapanpun kalian membaca ini. Senang bisa menulis kembali di blog sederhana yang tercipta bertahun-tahun lalu ini.

Perkenalkan namaku Bintang Al Rasyid, seorang anak 17 tahun yang tinggal di sebuah daerah pegunungan bernama Kabupaten Enrekang yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yang juga sekarang berstatus sebagai Mahasiswa Universitas Brawijaya Program Studi Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer.

Sebuah anugrah yang luar biasa tentunya bisa diterima di kampus ternama, banyak hal yang harus dilewati: insecure, ovethinking, pesimis, lelah, sampai akhirnya sampai di tahap ini. Nah, di tulisan ini aku akan memberikan pendapatku tentang bagaimana menjadi orang yang #SelfLove dan mengilangkan insecure.

1. Mengenali diri sendiri

Pertama-tama tentunya adalah bagaimana kita mengenali diri kita itu siapa, bukan cuma mengetahui sebatas nama seperti "Oh, aku Bintang" tetapi bagaimana kita mengenali sifat kita, fisik kita, pandangan kita terhadap sesuatu. Banyak orang yang bahkan tidak tahu mereka itu bagaimana, sehingga tidak bisa menempatkan diri dengan baik dan tidak bisa memilih lingkungan yang baik sehingga pribadinya tidak berkembang. Cobalah renungkan setiap kejadian, setiap hal, maupun setiap interaksi kita terhadap orang lain dari hal-hal itu kita bisa menemukan sifat sejati kita. Cobalah juga mengambil waktu bicara sebentar dengan diri sendiri itu mengonfirmasi sifat-sifat itu, tenang saja bicara sendiri itu menyenangkan kok, walaupun terdengar sedikit gila.

2. Menerima diri sendiri

Setelah mengetahui kepribadian dan karakteristik diri sendiri, yang harus dilakukan adalah menerimanya. Beberapa sifat memang secara biologis mungkin saja diturunkan dari orang tua sehingga sulit untuk diubah keberadaannya. Tetapi juga ada sifat yang tercipta dari kebiasaan, jika sifat itu merugikan cobalah untuk mengubahnya menjadi lebih baik. Selama berubah jadi lebih baik dan menguntungkan diri sendiri kadang kita tidak apa menolak keberadaan sifat buruk dalam diri. Tidak semua serta merta harus diterima. Tingkatkan yang baik dan buang yang buruk.

3. Bersyukur

Alhamdulillah, Puji Tuhan, atau apapun kata yang melambangkan kesyukuran kita terhadap diri sendiri tidak boleh hilang. Dengan bersyukur artinya kita mengerti bahwa kita tidak lebih dari seorang mahkluk yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kesempurnaan-Nya. Dengan bersyukur artinya kita yakin sebagai ciptaan Yang Maha Sempurna kita tidak boleh berkecil hati. Dengan bersyukur kita memafkaan semua penolakan yang tidak bisa hilang dari diri sendiri. So, bersyukurlah.

tidak perlu banyak cara, banyak metode, cukup sederhana saja supaya kita memahami, mengenali dan menyayangi diri sendiri untuk terus berkembang menjadi sebaik-baiknya manusia yaitu manusia yang bermanfaat.

tidak perlu muluk-muluk ingin jadi sempurna, kita semua tau kesempurnaan milik siapa,cukup temukan lingkungan yang tepat dan kita akan merasa bangga punya diri sendiri.

mungkin teman-teman yang baca ini juga sadari bahwa sekalimatpun aku tidak menyinggung masalah fisik, let me tell you, yakinkah kita menilai seseorang hanya berdasarkan fisik di tahun 2020 ? yakinkah kita hanya ingin menjadi orang yang goodloking saja daripada good attitude? kalau begitu mending saya suruh kalian beli skincare sebanyak-banyaknya, mungkin terdengar hipokrit, tapi percaya lah teman-teman bukan wajah yang membuat kita berkelas tapi manners.

mau jadi orang cakep atau berkelas ?
you decide.

akhir kata, maafkan ketidakrapian tulisan ini, sangat banyak kekurangan, tapi jauh didalam hati ini terdapat harapan bahwa teman-teman yang membaca bisa tersenyum dan sayang terhadap dirinya. 

udah ya,

sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Komentar

  1. Buat lagi dong bang. maybe bisa buat tentang PRIDE LGBT? Or Rasisme Or Feminisme? Hmmmm Up to you intinya sering upload Ahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH-ISTILAH ILMIAH